Friday, September 21, 2012

Memanfaatkan Baterai Bekas Menjadi Anti Nyamuk dan Kecoa

Limbah baterai tidak hanya menyebabkan polusi tetapi juga membahayakan sumber daya alam karena mengandung logam berat dan elektrolit korosif yang menjadi sumber daya baterai, seperti timah, merkuri, nikel, kadmium, lithium, perak, seng dan mangan

Dalam aksi mikroorganisme, merkuri anorganik bisa diubah menjadi methylmercury, berkumpul dalam tubuh ikan yang kemudian dikonsumsi manusia. Methylmercury dapat memasuki sel-sel otak dan berdampak serius seperti merusak sistem saraf yang bisa membuat orang menjadi gila atau bahkan menyebabkan kematian.

Sedangkan kadmium baterai dapat mengkontaminasi tanah dan air, yang akhirnya masuk ke tubuh manusia menyebabkan kerusakan hati dan ginjal, juga dapat menyebabkan tulang lunak atau kecacatan tulang berat.

Selain itu, kadmium dapat menyebabkan keracunan kronis dan menjadi faktor menyebabkan emfisema (penyakit paru obstruktif kronik yang melibatkan kerusakan pada kantung udara di paru-paru), osteomalasia (pelunakan tulang), anemia (kurang darah), juga membuat kelumpuhan pada tubuh manusia.


Kemudian, bagaimana cara kita memanfaatkan baterai bekas?


Kita Dapat Membuatnya Sebagai Anti Nyamuk
Sebenarnya apabila kita kreatif, maka batu baterai bekas sangat ampuh untuk membunuh nyamuk. mengapa? karena baterai bekas tersebut mempunyai kandungan logam berat yang dapat membunuh nyamuk, tetapi tidak terlalu membahayakan bagi manusia. Adapun trik untuk mengubah batu baterai bekas menjadi obat anti nyamuk adalah sebagai berikut:

Bahan:

  • satu batu baterai bekas merek apa saja ukuran AA
  • satu kaleng resin
  • satu gulung aluminium foil
  • satu lembar silicon atau bila tidak ada bisa diganti balon bekas
  • satu gulung benang (cari yang agak besar).

Proses Pembuatan:
rendam baterai bekas dalam kaleng berisi resin selama 6 jam, setelah selesai keringkan. (proses ini akan mengurangi kandungan logam berbahaya yang melekat di batu baterai bekas tersebut).
Setelah kering, bungkus dengan aluminium foil, kemudian setelah terbungkus sempurna, lapiri dengan silikon (kalau tidak ada silikon dapat menggunakan balon bekas).
Setelah terbungkus sempurna, ikat dengan tali kuat-kuat, sisakan 30 CM diantaranya, dan ujungnya diikatkan ke sejengkal ranting (panjang 30 cm, diameter 5-10 cm).

Setelah semua langkah tersebut di atas telah dilakukan, maka anti nyamuk handmade tersebut siap dioperasikan.

Cara penggunaan:
Ketika tidur dimalam hari, letakkan rangkaian anti nyamuk disamping anda. Ketika nyamuk lewat, secepatnya pegang tangkai anti nyamuk hand made tersebut erat-erat, hantamkan keras-keras ke nyamuk bersangkutan. Dijamin kalau kena, nyamuknya akan mati. Apabila meleset, dan kena jidat sendiri, maksimal benjol, dan tidak terlalu membahayakan manusia. itulah gunanya lapisan silicon, agar mereduksi benturan anti nyamuk handmade dengan jidat.

Batu Baterai Bekas Juga Bisa Dijadikan Sebagai Pembasmi Kecoa !

Batu baterai bekas sebaiknya dikumpulkan kemudian berikan kepada pemulung, mereka tau akan diapakan dan dikemanakan batu baterei bekas tersebut, namun sebelumnya anda bisa memanfaatkannya sebagai pembasmi kecoa.

Kecoa, serangga yang tidak berbahaya memang, namun bisa sangat menjengkelkan biasa muncul berkeliaran didapur atau dikamar mandi, dengan batu baterai bekas anda bisa membasmi kecoa tersebut tanpa meracuni sekitar dengan insektisida…….caranya, tangkap kecoa tersebut kemudian pegang erat-erat dan ketok kepalanya dengan batu baterai bekas tersebut kemudian tangkap kecoa berikutnya dst…….dst......selamat mencoba. jika terjadi kecelakaan penulis tidak bertanggung jawab : D


13 comments:

  1. sama aja kayak gini,cara ngobatin luka jatuh...
    cara kuno tapi manjur. cari daun pepaya, kunyah sampai halus (krn ludah jg mengandung anti biotik). setelah halus beli betadin. pakai betadin di luka... daun pepayanya terserah mau diapain...
    EEEDDDIIIIAAAANNNN, SOMPLAK....
    KAKAKAKAKAKAKAKAKAKA......

    ReplyDelete
  2. Hah... capek2 mata gw ikuin critanya...

    ReplyDelete
  3. Baiknya di simpen tu battre kalo ada maling buat nyambit ke matanya... dijamin..... elu diuber2 ama tuh maling kalo blm mampus malingnya... huweèk..

    ReplyDelete
  4. Baiknya di simpen tu battre kalo ada maling buat nyambit ke matanya... dijamin..... elu diuber2 ama tuh maling kalo blm mampus malingnya... huweèk..

    ReplyDelete
  5. Hah... capek2 mata gw ikuin critanya...

    ReplyDelete
  6. lu telan ja batrai tu...ngak jelas pada..

    ReplyDelete
  7. lu telan ja batrai tu...ngak jelas pada..

    ReplyDelete
  8. kalau mau lucu lucuan tolong bikin di judul nya Gan,biar waktu orang yg membaca ngga terbuang sia sia.... semoga anda mendapat balasan....

    ReplyDelete