Wednesday, July 4, 2012

Dioda Germanium

Dioda Germanium 1N34A

Dioda adalah komponen yang sangat penting dari kebanyakan sistem pembangkit energi alternatif - misalnya di panel PV surya mereka digunakan untuk menghentikan energi yang dipancarkan kembali kebaterai, dan dalam generator turbin angin mereka digunakan untuk memperbaiki AC ke DC listrik.

Kebanyakan dioda terbuat dari silikon karena kemudahan pengolahan dan stabilitas, namun merekamemiliki satu kelemahan: dioda silikon memiliki jatuh tegangan maju sekitar 0,7 volt. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki 7,0 Volt panel surya dinilai pengisian baterai melalui dioda silikon, hanya 7-0,7 = 6,3Volt akan dilihat oleh baterai - sisanya hilang sebagai panas dalam dioda.

Dioda Germanium 1N60
Dalam Rectifier Jembatan arus melewati dua dioda. Oleh karena drop tegangan total adalah 1,4 maju kekalahan volt - jumlah yang signifikan dalam sistem tegangan rendah.Dioda 1N34A adalah Sebuah Dioda Germanium yang memiliki drop tegangan maju hanya 0,3 volt yang berarti mereka jauh lebih efisien. Lama dioda germanium memiliki kebocoran arus yang lebih besar pada tegangan terbalik, tetapi sekarang Microsemiconductor Amerika dan lain-lain menyediakan berbagai perbaikan kebocoran dioda germanium rendah saat ini.

Tambahan Informasi tentang Dioda Germanium.  Dioda silikon tahan terhadap panas dari solder, tetapi dioda germanium dapat sangat easilty rusak. Oleh karena itu klip buaya atau heat sink harus dijepitke memimpin antara tubuh dioda dan bersama yang akan disolder.

Dioda germanium, seperti halnya dioda selenium dioda germanium bentuknya juga kecil dan sesuai dengan namanya maka dioda ini dibuat dari germanium bentuknya mirip resistor sehingga kadang kala kita sering keliru. untuk membedakan diode germanium dengan komponen resistor yang perlu diperhatikan adalah tanda yang melingkar dekat salah satu ujungnya.

Bagian ujung yang dekat dengan tanda yang melingkar adalah tanda positive merupakan kutub katodanya. Dioda germanium dalam operasinya banyak dipakai sebagai rangkaian detector dalam pesawat penerima radio atau sebagai pembatas tegangan. 

sekian... 
please comment-nya ya...

3 comments: